2011-01-28

Dua Penemu Unix Raih Japan Prize 2011

Dua Penemu Unix Raih Japan Prize 2011
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dr. Dennis Ritchie, Ph.D dan Dr. Kenneth Thompson, Ph.D, meraih Japan Prize 2011.  Keduanya dikenal sebagai penemu sistem operasi Unix dan bahasa pemrograman C.
Dennis saat ini adalah Bell Labs Fellow and Distinguished Member of Technical Staff Emeritus, Bell Labs, dan Kenneth Thompson, adalah  Bell Labs Fellow dan sekarang Distinguished Engineer, Google Inc.
Japan Prize dianugerahkan oleh Japan Prize Foundation setiap tahunnya kepada para ilmuwan dan peneliti yang berhasil memberikan kontribusi yang substansial bagi ilmu pengetahuan dan teknologi dan bagi dunia. Penghargaan ini diberikan sejak tahun 1985.
Ritchie dan Thompson menerima penghargaan tersebut berkat system operasi UNIX dan bahasa programming C yang digunakan pada UNIX. Ia juga terus meningkatkan software, hardware dan jaringan komputer secara signifikan selama empat dekade terakhir ini, dan memfasilitasi penerapannya di Internet. Duet ini banyak memberi kontribusi bagi perkembagan internet di dunia.
Unix, diciptakan tahun 1969 ketika keduanya masih peneliti di Bell Labs. Unix sendiri merupakan sistem operasi dari kebanyakan server-server besar Internet, bisnis dan universitas, dan merupakan pula bagian besar dari penelitian industri dan akademis di bidang sistem operasi.
Bahasa pemrograman C sangat dihargai karena tingkat efisiensinya, dan telah dikembangkan ke banyak sistem operasi lainnya, menjadikannya salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak dipakai baik untuk software sistem maupun aplikasi. Unix adalah pendorong semangat di balik perkembangan Internet dan edisi lanjutannya yang kemudian bermuara pada penciptaan kultur "open source".
 "Dennis dan Ken mengubah cara orang menggunakan komputer, berpikir dan belajar tentang ilmu komputer," ujar Jeong Kim, President, Alcatel-Lucent Bell Labs. Sistem Unix dan bahasa pemrograman C, papar Jeong Kim, telah merevolusi komputasi dan komunikasi yang memungkinkan terjadinya open system.
Ritchie dan Ken telah memenangkan beberapa penghargaan untuk karya mereka, termasuk U.S. National Medal of Technology, Association for Computing Machinery Turing Award, IEEE Richard W. Hamming Medal, dan IEEE Emanual Piore Award dan keduanya juga telah terpilih menjadi anggota U.S. National Academy of Engineering.
Masing-masing penerima penghargaan Japan Prize 2011 akan menerima sebuah sertifikat penghargaan dan medali emas pada sebuah upcara penganugerahan pada tanggal 20 April 2011, ketika Japan Prize Week dilangsungkan di Tokyo.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger